INFOGRAFIS Jenis Gempa di Kapuas Hulu Menurut Kedalamannya

0
Jenis Gempa di Kapuas Hulu

Infografis jenis gempa di Kapuas Hulu, Kalbar. (Dok. Beritain Kalbar)

INFOGRAFIS KAPUAS HULU – Gempa bumi yang terjadi di wilayah Kapuas Hulu pada Senin (25/3/2024) malam WIB merupakan gempa bumi tektonik dengan kekuatan Magnitudo 4,3. Apa jenis gempa di Kapuas Hulu itu?

Jenis Gempa di Kapuas Hulu

Berdasarkan analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa terletak di koordinat 1.14 LU dan 113.0 BT, sekitar 34 km BaratLaut Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, dengan kedalaman 10 km.

Jenis gempa tersebut diklasifikasikan sebagai gempa kedalaman dangkal. Ini berarti bahwa gempa bumi terjadi pada kedalaman kurang dari 60 km di bawah permukaan bumi.

Gempa dengan kedalaman dangkal cenderung menghasilkan getaran yang lebih kuat di permukaan bumi. Sehingga, dapat meningkatkan potensi kerusakan pada bangunan dan infrastruktur.

Sebagai perbandingan, gempa yang terjadi pada kedalaman antara 60 km hingga 300 km dianggap sebagai gempa bumi menengah. Sedangkan gempa dengan kedalaman lebih dari 300 km dianggap sebagai gempa bumi dalam.

Pemahaman tentang jenis dan kedalaman gempa bumi sangat penting dalam upaya mitigasi bencana dan tanggap darurat. Dengan pemantauan yang cermat dan penanganan yang tepat, diharapkan dampak negatif dari gempa bumi dapat diminimalkan di wilayah Kapuas Hulu dan daerah lainnya.

Keterangan BMKG Kalbar

Melalui unggahan di akun Instgaram resminya, BMKG Kalbar menyebut gempa bumi tersebut diklasifikasikan sebagai gempa kedalaman dangkal. Gempa disebabkan oleh aktivitas Sesar Lokal. Ini mengindikasikan pergerakan pada lapisan kulit bumi yang relatif dangkal.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal,” seperti dikutip Beritain Kalbar dari akun @bmkg_kalbar.

Dampak Gempa Bumi

Meskipun gempa bumi ini tergolong dalam kategori kekuatan sedang, warga di wilayah Kapuas Hulu melaporkan merasakan getaran dengan intensitas III MMI. Hal ini menggambarkan bahwa getaran dirasakan nyata dalam rumah, seringkali seperti ada truk yang sedang melintas. Beruntungnya, hingga saat ini tidak terdapat laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

Gempa Susulan

Meskipun tidak ada laporan adanya gempa susulan (aftershock) hingga pukul 20:22:10 WITA pada hari yang sama, BMKG tetap melakukan pemantauan secara aktif terhadap aktivitas gempa bumi di wilayah tersebut.

Rekomendasi BMKG

BMKG memberikan rekomendasi kepada masyarakat Kapuas Hulu dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang belum terverifikasi kebenarannya.

Masyarakat diimbau agar memperoleh informasi resmi terkait gempa bumi ini hanya dari sumber yang terpercaya. Seperti kanal komunikasi resmi BMKG yang dapat diakses melalui Instagram/Twitter @infoBMKG.

Kemudian, situs web resmi BMKG (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id). Selain itu via aplikasi mobile resmi BMKG (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg.

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, S.Si., M.T., menegaskan pentingnya mengikuti rekomendasi resmi dari BMKG. Hal ini untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan bersama. (da)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *