Bengkayang dalam Angka 2024: Data Jumlah Penduduk dan Ketenagakerjaan Terbaru

0
Jumlah Penduduk Bengkayang Terbaru

Data jumlah penduduk Bengkayang berdasarkan persetase sebaran di Kecamatan. (Dok. Beritain Kalbar/Tangkapan Layan Buku Bengkayang dalam Angka 2024)

BERITAINKALBAR.COM – Kabupaten Bengkayang, sebuah wilayah yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, memiliki dinamika demografis dan ekonomi yang menarik untuk dipelajari. Berikut ini data jumlah penduduk Bengkayang terbaru dan data ketenagakerjaannya yang dirangkum dari buku “Bengkayang dalam Angka 2024” buatan Badan Pusat Statistik (BPS) Bengkayang.

Bengkayang dalam Angka 2024

Data Jumlah Penduduk Bengkayang Terbaru 2023

Menurut buku tersebut, pada tahun 2023, jumlah penduduk Kabupaten Bengkayang mencapai 298.979 jiwa. Jumlah ini tersebar di 17 kecamatan di wilayah tersebut.

Dari segi jenis kelamin, terdapat 155.120 jiwa penduduk laki-laki dan 143.859 jiwa penduduk perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa rasio jenis kelamin di Kabupaten Bengkayang pada tahun tersebut adalah 108. Artinya, jika ada 108 penduduk laki-laki, maka ada 100 penduduk perempuan.

Distribusi Penduduk Menurut Kecamatan

Jika kita melihat distribusi penduduk menurut kecamatan, jumlah penduduk terbanyak terdapat di Kecamatan Bengkayang. Selanjutnya, jumlah penduduk terendah berada di Kecamatan Suti Semarang.

Namun, meskipun demikian, tingkat kepadatan penduduk tidak selalu berkorelasi langsung dengan jumlah penduduk.

Kecamatan Sungai Raya memiliki tingkat kepadatan paling tinggi, yakni 320 jiwa per kilometer persegi. Sementara Kecamatan Siding memiliki tingkat kepadatan paling rendah, hanya 15 jiwa per kilometer persegi.

Data Ketenagakerjaan

Dalam hal ketenagakerjaan, penduduk di Kabupaten Bengkayang dibagi menjadi dua kelompok utama: penduduk usia di bawah 15 tahun dan penduduk usia 15 tahun ke atas. Penduduk usia 15 tahun ke atas dibagi lagi menjadi dua kategori: angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

Menurut hasil Sakernas 2023, persentase penduduk usia 15 tahun ke atas yang masuk dalam angkatan kerja sebesar 72,93%. Sedangkan yang tidak masuk angkatan kerja adalah sebesar 27,07%.

Dari angkatan kerja tersebut, sebanyak 97,08% merupakan penduduk yang bekerja. Sementara yang sedang mencari kerja atau dalam persiapan usaha mencapai 2,92%.

Berdasarkan data yang terdapat dalam buku “Bengkayang dalam Angka 2024”, Kabupaten Bengkayang pada tahun 2023 menunjukkan profil penduduk yang menarik serta gambaran yang cukup jelas tentang struktur ketenagakerjaannya. Dengan jumlah penduduk yang signifikan dan dinamika ekonomi yang dijelaskan oleh data ketenagakerjaan, Kabupaten Bengkayang terus berkembang sebagai bagian penting dari Provinsi Kalimantan Barat. (da)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *